Halaman

Selasa, 20 Desember 2016

GAMBAR TATA CARA TAYAMUM

Bagi umat Islam, jika akan melaksanakan sholat dan ibadah lainnya kita diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Dalam berwudhu salah satu syaratnya adalah memakai air yang suci. Tapi apakah kalian pernah sedang dalam perjalanan, dan sudah masuk waktu sholat tapi tidak menemukan air untuk berwudhu. 
Ha? Masa sih bisa nggada air? Iya kalo dalam perjalanan pasti kita bawa air minum, tapi itu tidak cukup untuk berwudhu dan itu lebih penting untuk minum. Kan ngga lucu kita kehabisan air minum nanti bisa-bisa dehidrasi kan. 

Yak, jika tidak menemukan air untuk berwudhu maka kita diberi keringanan untuk melakukan tayamum. Tayamum? Apa itu tayamum? 
Tayamum itu kegiatan bersuci menggunakan debu yang suci. 

Ngga cuma dalam perjalanan aja, misal kita lagi sakit dan kita tidak boleh terkena air. Karena kalo badan kita kena air, akan memperparah sakit di badan kita. Maka kita boleh bertayamum. 

Dalam bertayamum ada ketentuannya loh, ngga asal ngambil debu aja wkwk
Nih aku kasih tau ketentuannya:
1. Tayamum harus dilakukan setelah masuk waktu sholat.  
2. Jika alasannya ketiadaan air, maka ketiadaan itu harus dibuktikan setelah melakukan pencarian dan pencarian itu dikerjakan setelah masuk waktu.  
3. Tanah yang gunakan harus yang bersih, lembut, dan berdebu. Jadi maksudnya itu tidak basah, tidak bercampur tepung, kapur, batu, dan kotoran lainnya.  
4. Tayamum hanya sebagai pengganti wudhu dan mandi besar, bukan pengganti menghilangkan najis. Artinya, sebelum bertayamum, najis harus dihilangkan terlebih dahulu.  
5. Tayamum hanya bisa dipergunakan untuk satu kali shalat fardhu. Berbeda halnya jika usai shalat fardhu dilanjutkan dengan shalat sunat, shalat jenazah, atau membaca Al-Quran. Maka rangkaian ibadah itu boleh dengan satu kali tayamum.  
6. Tayamum berbeda dengan wudhu. Jika wudhu setidaknya ada enam rukun, maka tayamum hanya memiliki empat rukun:
(1) niat dalam hati, 
(2) mengusap wajah, 
(3) mengusap kedua tangan, 
(4) tertib. 

Untuk tata caranya lihat gambar yaaa


Kira-kira itu yang aku tau mengenai tayamum. 
Jaman now sih, sudah banyak rest area Insya Allah dalam perjalanan kita ngga bakalan kesusahan nyari air wudhu. Oya, kalo pengin penjelasan yang lebih lengkap dan ngga amburadul cek aja di portal yang terpercaya NU Online hehe


1 komentar:

  1. Maaf, mau tanya klau tayamun stelah tangan kiri+kanan, terakhirnya telapak tangan? Brarti wajah+ tangan aja, tanpa dengan membersihkan kaki?

    BalasHapus

TAFSIR HADIS TARBAWI:KEDUDUKAN ILMU MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF Q.S AR-RAHMAN AYAT 33

KEDUDUKAN ILMU MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF Q.S AR-RAHMAN AYAT 33 Makalah ini disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kulia ...