Halaman

Selasa, 20 Desember 2016

Kenthongan Banyumasan

Kenthongan, bagi kalian yang tinggal di Karesidenan Banyumas mungkin sudah tidak asing dengan kesenian musik ini. Sebagian orang mengenal kesenian ini dengan nama tek-tek. 

Saat ini, kenthongan sudah di modifikasi sedemikian rupa. Jika sebelumnya kesenian musik ini hanya berupa kenthong, tapi untuk saat ini sudah ada beberapa alat musik tambahan. Seperti angklung, teplak, kecrek, tidak hanya itu dibeberapa tempat ada penarinya juga. 

Di Banyumas, setiap HUT Kabupaten Banyumas selalu ada Festival Kenthongan. Antusias dari masyarakat cukup tinggi, bahkan dari luar Kabupaten banyumas ikut mendaftar menjadi peserta di Festival Kenthongan.

Aku sendiri tau kenthongan setelah masuk kuliah. yak, di racana IAIN Purwokerto aku ikut grup Kenthongan Gita Pandu Laras. Gita pandu Laras merupakan pelopor Kenthongan di kalangan Sekolah/Perguruan Tinggi di Banyumas.

Aku dari dulu seneng sama yang berbau Seni, apalagi yang ada tari-tarian. Jadi pas tau kalo di kampus ada kesenian kenthongan aku ikut. 

Dari GPL ini aku jadi pernah ikut Festival Kenthongan Banyumas. GPL ngga cuma tampil di daerah karesidenan Banyumas ya. GPL juga pernah tampil ditingkat nasional, contohnya apa tut? GPL pernah tampil di acara Perkemahan Wirakarya Nasional di Bengkulu, Kendari, Riau dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai kategori persembahan karya seni terbaik. 


(GPL tampil di HUT Kopma, niat cuma latihan buat tampil di PW 2016 malah diminta buat ngisi acara tasyakuran HUT Kopma)

Karena kalo latihan sering dilihat warga kampus dan tidak pernah absen untuk mengisi acara kampus baik wisuda, penyambutan tamu pejabat kampus jadi temen-temen kelas pada tau kalo aku ikut kenthongan. Dan Beberapa orang sering bilang ngga malu ikut kenthongan? (Sambil meragain gerakan kalo aku main) aku jawab: Ngga lah, kan jadi ikut melestarikan budaya Banyumasan hahaha (gaya banget aku aslinya mah biar ngga bosen kuliah dan bisa buat bolos kelas hahaha) 
Oya, kalo kamu pernah ikut kegiatan kesenian apa? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAFSIR HADIS TARBAWI:KEDUDUKAN ILMU MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF Q.S AR-RAHMAN AYAT 33

KEDUDUKAN ILMU MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF Q.S AR-RAHMAN AYAT 33 Makalah ini disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kulia ...